Thursday, September 3, 2015

Rayap pada Jalur Kabel

Rayap pada Jalur Kabel

Rayap pada Jalur Kabel





Rayap memiliki habitat yang unik dalam suatu ekosistem. Keberadaan koloni rayap berperan penting dalam siklus biogeochemical (dekomposes bahan organik) seperti siklus nitrogen, karbon, sulfur, oksigen dan fosfor. Mudahnya rayap beradaptasi dengan lingkungannya mengakibatkan mereka bisa ditemui di hampir semua bentuk ekosistem. ADa beberapa faktor yang mempengaruhi keadaan ini diantaranya faktor lingkungan. 
Aktivitas, distribusi dan pertumbuhan populasi secara umum dipengaruhi oleh suhu, kelembapan dan curah hujan. Perubahan terhadap faktor tersebut akan berimbas ke perubahan perilaku rayap. 
Suhu sangat berpengaruh terhadap semua makhluk hidup termasuk rayap. Dikenal ada beberapa kisaran suhu sebagai berikt :
1. Suhu minmal dan maksimal yaitu kisaran suhu terendah atau tertinggi yang dapat mengakibatkan kematian pada serangga.
2. Suhu hibernasi atau estivasi yaitu kisaran suhu di bawah atau di atas suhu optimal yang menyebabkan aktivitas seranggan berkurang.
3. Kisaran suhu optimum yaitu 15-38 derjat celcius. Setiap jenis rayap memiliki toleransi suhu yang berbeda. COntohnya rayap neotermes tectonae memiliki suhu optimum 22 - 33 derajat celcius.
Suhu dan kelembapan berpengaruh terhadap vegetasi yang akan mempengaruhi aktivitas  dan perilaku rayap. Rayap lebih senang berada pada sarangnya pada tengah hari sampai awal sore hari. Namun ada beberapa jenis rayap yang mampu beraktivitas pada waktu tersebut dengan syarat terdapat naungan besar yang bisa menciptakan suhu optimal.
Antisipasi rayap dalam upaya menyesuaikan dengan perubahan suhu dan kelembapan dilakukan dengan cara :
1. membangun sarang yang tebal
2. Pengaturan bentuk sarang
3. mempertahankan kandungan air tanah penyusun sarang rayap.
Dengan upaya tersebut suhu da kelembapan di lingkungan tempat rayap hidup tetap terjaga dan terkendali

Cara Basmi Rayap tuntas

Rayap mungkin serangga yang jarang terlihat oleh Anda,namun yang pasti hasil karyanya bisa dirasakan langsung saat Anda melihat kayu-kayu di rumah menjadi keropos.Hal ini tidak hanya membuat Anda kerepotan,tapi tentunya juga berbahaya bagi konstruksi rumah Anda.Rayap yang disebut juga sebagai semut putih ini sudah dikenal luas oleh masyarakat Indonesia.Bahkan beberapa daerah-pun memiliki nama khusus seperti ranggas(Jawa Tengah/Timur),anai-anai(Sumatera),sumpiyuh/rinyuh(Jawa Barat).
Hewan buta ini termasuk kelompok serangga sosial,seperti halnya semut dan lebah.Oleh karena itulah,rayap tidak bisa hidup sendiri tapi hidup berkelompok.Dengan cara itulah rayap bisa memperoleh kebutuhannya untuk keberlangsungan hidupnya.Rayap-rayap tersebut bisa membangun sarang berupa lorong-lorong panjang dan sempit hingga ke tempat mereka mencari makan.Bahkan di beberapa daerah terdapat rayap yang membangun rumahnya dengan sangat tinggi.

Pada dasarnya keberadaan rayap di rumah Anda sulit terdeteksi.Apabila banyak kayu di rumah Anda mengalami keropos barulah Anda menyadarinya.Binatang kecil pemakan kayu dengan kecepatan yang amat tinggi ini bisa menghabiskan kayu yang berukuran 4 meter dalam waktu kurang dari 6 bulan.Hal ini pasti akan membahayakan struktur kayu rumah Anda.

Untuk mengantisipasi bahaya rayap,sangat penting bagi kita untuk untuk mengetahui kriteria rumah yang mudah diserang rayap antara lain:

1.Menggunakan kayu kualitas rendah untuk kusen,pintu dan kuda-kuda.
2.Perumahan yang berada di bekas rawa.
3.Banyak sisa pohon atau tumbuhan yang telah mati tidak dibersihkan dengan sempurna.
4.Memakai serbuk kayu sebagai pupuk tanaman.
5.Rumah tidak disuntik dengan zat kimia anti hama pada saat dibangun.

Disamping itu,penting juga bagi kita untuk mengetahui tips-tips apa saja agar terbebas dari rayap antara lain:

1.Gunakanlah produk khusus untuk kusen dan pintu.Bukan saja masalah rayap akan teratasi,tapi harga juga lebih ekonomis daripada kayu mahal yang tidak bisa dimakan rayap.Dalam hal ini ada beberapa pilihan untuk kusen misalnya menggunakan bahan aluminium atau kusen beton.
2.Gunakan bahan berkualitas untuk kuda-kuda rumah Anda
3.Jauhkan pupuk serbuk kayu dari rumah Anda.
4Singkirkan sisa-sisa tumpukan kayu yang sudah tidak terpakai lagi dan pohon-pohon mati dan akar disekitar rumah.
5.Jika rumah Anda terbuat dari kayu,sebisa mungkin hindari kontak langsung antara kayu dengan tanah.
6.Gunakan kayu yang dikenal anti rayap misalnya kayu jati,bisa juga dengan menggunakan kayu yang telah dilapisi anti rayap.
7.Membangun pondasi yang tahan serangan rayap dengan cara mencampurnya dengan bahan-bahan anti rayap.
8.Menghubungi jasa penanggulangan rayap professional sehingga bisa mengatasi masalah rayap hingga tuntas.

Sangatlah penting untuk selalu memeriksa kondisi kayu-kayu dirumah Anda karena kita jarang menyadari kapan serangan rayap ini akan menyerang.Alangkah baiknya jika Anda selalu melakukan perawatan secara berkala baik untuk struktur maupun melakukan penyemprotan anti hama.Membasmi rayap harus sampai tuntas,karena jika tidak dengan kemampuan ratu rayap yang bereproduksi dengan sangat cepat maka rumah Anda akan kembali dibanjiri oleh rayap.

Cara Menyingkirkan Rayap

Di antara semua serangga, binatang pengerat, dan berbagai jenis hama lain yang mengganggu dan membuat pemilik rumah merasa tidak nyaman, tidak ada yang lebih berbahaya daripada rayap. Hanya rayap yang bisa merusak dan menghancurkan pondasi dan keindahan sebuah rumah hanya dalam waktu beberapa tahun saja. Pengrusakan pertama yang dilakukan oleh rayap mungkin saja tidak akan kita ketahui selama lima tahun pertama sejak mereka memulai pengrusakan. Dan itu sudah terlambat. Rumah bisa jadi adalah investasi terbesar yang pernah Anda buat dan merupakan sesuatu yang sangat penting bagi Anda. Oleh karena itu, Anda harus mengambil langkah-langkah yang tepat untuk melindungi rumah Anda dari rayap, dan untuk menyingkirkan mereka dari rumah Anda dengan segera apabila mereka telah melakukan pengrusakan pada properti anda.
Carilah tanda-tandanya. Meskipun Anda mungkin tidak melihat secara langsung keberadaannya, Anda tidak boleh mengabaikannya. Tanda-tanda keberadaan serangan rayap yang patut diwaspadai diantaranya adalah lantai kayu yang mengendur, lubang pada bahan-bahan yang terbuat dari kayu, dan pondasi yang berongga. Atau mungkin Anda malah pernah melihat sendiri adanya rayap di rumah Anda.
Bawalah obeng dan senter lalu pergilah ke ruang bawah tanah, dan periksa lorong dan balok pondasi di ruang bawah tanah tersebut dengan mengetuk-ngetuk kayunya untuk memeriksa apakah ada rongga di dalamnya dan tekanlah kayu dengan obeng untuk menguji kekuatannya. Jika kayu tampak rapuh dan pecah berantakan, bisa jadi rumah Anda sudah terserang rayap.
Anda mungkin menemukan sarang rayap di dalam properti Anda; rayap tanah membuat sarang dengan membangun sistem terowongan dan tabung dari tanah atau lumpur, sedangkan rayap kayu membuat sarang langsung di dalam kayu.
Tentukan jenis rayap apa yang ada di rumah Anda. Ada dua jenis rayap yang umum dijumpai di rumah, yaitu rayap tanah dan rayap kayu. Rayap tanah bisa ditemukan di dalam tanah di sekitar rumah dan di bahan-bahan kayu yang ada di rumah Anda. Rayap ini umumnya hidup di daerah hangat dan di daerah pesisir pantai. Sedangkan rayap kayu hanya hidup dan berkembang di dalam kayu (bukan di tanah), dan bisa hidup di wilayah manapun.
Selain berada di dalam kayu pondasi, rayap tanah juga bisa ditemukan di dalam kayu dan tumpukan kompos yang ada di sekitar rumah Anda.
Rayap tanah biasanya lebih ganas dan lebih merusak dibanding rayap kayu, dan memerlukan metode perlakuan yang berbeda.
Siapkan kardus untuk perangkap rayap. Ambillah beberapa lembar kardus, basahi, dan tumpuk kardusnya di tempat yang biasa dikunjungi rayap. Karena rayap menyukai selulosa (karton), ini adalah tindakan yang sangat baik untuk menjebak rayap. Ketika kardus sudah penuh dengan rayap, bawa keluar ke daerah yang aman dan bakar kardus beserta rayapnya. Jika perlu, ulangi tindakan ini beberapa kali.
Catatan: perangkap rayap ini tidak bisa menyelesaikan masalah rayap dengan tuntas. Ini hanyalah cara cepat untuk menyingkirkan beberapa ratus rayap pada satu waktu. Untuk mendapatkan hasil yang lebih baik, kombinasikan metode ini dengan metode yang lain.
Cobalah menggunakan cacing nematoda. Nematoda adalah spesies cacing kecil yang merupakan parasit alami pada hama kebun, termasuk rayap.[2] Nematoda akan mencari inang, seperti larva rayap, lalu bersembunyi di dalam tubuh mereka, dan bisa menyebabkan kematian pada larva dalam waktu 48 jam. Mereka menggunakan bangkai inangnya sebagai tempat untuk bertelur.
Anda dapat membeli cacing nematoda di toko-toko peralatan kebun atau membelinya lewat internet. Saat ini, terdapat sekitar lima varietas cacing nematoda yang dijual di pasaran.[3]
Jika suhu tanah di rumah Anda lebih dari 16 ° C, nematoda harus segera digunakan setelah Anda membelinya. Jika tidak digunakan saat itu juga, Anda bisa menyimpannya di kulkas. Sebarkan cacing tersebut di pagi hari atau setelah matahari terbenam, karena cahaya ultra violet matahari bisa berbahaya bagi mereka.
Jemur kayu yang terserang rayap di bawah sinar matahari. Jika barang yang dipenuhi rayap bukan bagian dari rumah, dan merupakan perabot yang bisa dikeluarkan dari dalam rumah, jemur perabot tersebut di bawah sinar matahari. Rayap berkembang biak dalam gelap, dan panas dan cahaya dari matahari akan membunuh mereka. Di hari yang cerah, jemurlah perabot Anda selama mungkin, sebaiknya 2 sampai 3 hari.
Metode ini sangat baik jika digabungkan dengan metode perangkap kardus untuk menangkap/membunuh rayap.
Bekukan rayapnya. Jika sedang musim hujan dan matahari jarang menampakkan sinarnya, gunakan metode lain yaitu dengan pembekuan. Taruh perabot kayu Anda (atau bagian dari perabot yang dipenuhi rayap) ke dalam freezer berukuran besar selama 2 sampai 3 hari. Memang sedikit sulit jika perabot kayu Anda berukuran besar, tetapi jika metode ini bisa dijalankan, rayap-rayap tersebut dijamin pasti mati.
Meminta Bantuan Kepada Ahlinya
1
Gunakan asam borat. Asam borat adalah salah satu cara yang paling efektif untuk membunuh rayap, dan merupakan bahan utama yang digunakan oleh obat-obat pembunuh rayap buatan pabrik yang dijual di toko-toko.[5] Asam Borat mematikan sistem saraf rayap dan membuat rayap dehidrasi.
Cara terbaik untuk membunuh rayap dengan asam borat adalah dengan mengumpankannya pada rayap.
Lumuri atau semprotlah sebatang kayu (atau bahan selulosa lain) secara merata dengan asam borat, dan gunakan kayu ini sebagai umpan.
Tempatkan umpan tersebut di taman dekat rumah atau di tempat yang terserang rayap.
Periksalah umpan tersebut dengan teratur dan semprot lagi dengan asam borat jika perlu. Anda akan menemukan banyak bangkai rayap yang tergeletak di dekat umpan tersebut.

Beli dan gunakan obat anti rayap. Anda bisa membelinya di toko bangunan atau toko pertanian terdekat. Obat anti rayap adalah langkah pertama yang bisa Anda ambil untuk menyingkirkan hama yang berbahaya ini. Anda bisa menggunakan metode umpan atau cukup menyemprotkannya ke benda yang terserang rayap. Letakkan umpan di dekat area yang dipenuhi rayap dan semprotkan obatnya di area yang sama.
Gunakan metode pemanasan. Karena panas bisa membunuh rayap, Anda dapat memanggil pembasmi hama untuk memberi pemanasan pada rumah Anda dalam suhu tinggi untuk membunuhnya. Tindakan ini harus dilakukan oleh seorang profesional, karena peralatan yang digunakan tidak dijual bebas. Hubungi jasa layanan pemberantasan hama di daerah Anda untuk mengetahui apakah metode ini bisa diterapkan di rumah Anda.

Hubungi ahlinya. Jika menurut Anda serangan rayap sudah terlalu parah, atau rumah tersebut sangat berarti bagi Anda, hubungi layanan pemberantasan hama profesional. Ketika Anda menelepon layanan tersebut, pastikan bahwa Anda:
Menghubungi tiga perusahaan yang berbeda untuk perbandingan.
Lihatlah catatan riwayat perusahaan tersebut sebelum Anda memutuskan untuk menyewa mereka.
Dapatkan persetujuan tertulis dari perusahaan yang Anda sewa bahwa mereka sanggup melenyapkan rayap secara total selama dua tahun. Dengan ini, perusahaan tersebut akan mendatangi rumah Anda secara berkala, memeriksa apakah ada serangan rayap baru, dan membersihkannya bila ada. Dan itu dilakukan tanpa biaya, karena Anda sudah membuat perjanjian selama dua tahun.

Mencegah Datangnya Rayap di Masa Datang
Jagalah rumah atau apartemen Anda agar tetap kering. Rayap secara alami tertarik pada habitat yang basah dan lembab karena mereka membutuhkan air untuk bertahan hidup. Jadi, pastikan bahwa barang-barang Anda tetap kering agar rayap tidak menyerang kembali.
Pastikan bahwa tidak ada kebocoran dan air yang tergenang, baik di dalam maupun di luar rumah harus tetap aman dan kering. Jika memungkinkan, sapu atau hisaplah air apa pun yang tidak diinginkan.
Talang yang basah dan kotor merupakan rumah yang ideal bagi rayap. Jadi, bersihkan pula talang Anda dari kotoran dan sampah untuk melakukan pencegahan lebih lanjut.
Jauhkan bahan-bahan kayu dari rumah Anda. Rayap adalah pemakan kayu, jika memungkinkan, jauhkan kayu-kayu yang tidak digunakan dari rumah Anda. Jika kayu-kayu tersebut tetap berada di dalam atau di sekitar rumah, rayap akan berpesta pora. Jika memang tidak mungkin dijauhkan dari rumah, tutupi kayunya agar tetap kering untuk mengurangi ketertarikan rayap pada kayu tersebut.

Tutup celah-celah yang ada di rumah Anda. Dempul dan tutupi jendela, pintu dan celah-celah di sekitar rumah Anda, agar tidak ada rayap yang bisa masuk dan menyerang properti dalam rumah Anda. Celah antara kabel listrik dengan pipa yang ada di dalam rumah juga merupakan jalan masuk yang baik bagi rayap untuk memasuki rumah Anda.
Jika Anda benar-benar jengkel dengan rayap, Anda bisa menutupi jendela dan teras dengan kawat kasa.
Kerusakan akibat serangan rayap dapat menghancurkan sebuah rumah, jadi jika Anda tidak yakin dengan kemampuan Anda sendiri untuk membasmi rayap di rumah Anda, hubungi ahlinya dengan segera.



Pengumpanan rayap di dalam rumah

Rayap pada dasarnya adalah serangga daerah tropika dan subtropika. Namun sebarannya kini cenderung meluas ke daerah sedang (temperate ) de...