Monday, August 31, 2015

Seputar Rayap

Rayap
Binatang ini bertubuh kecil tetapi jangan dianggap kecil. Rayap hidup dalam koloni yang bisa ribuan atau jutaan jumlahnya dalam satu koloni. Hal ini menjadikan rayap seakan-akan menjadi binatang yang besar.

Koloni rayap
Satu koloni rayap terdiri beberapa kasta yaitu :
- Kasta reproduktif : Ratu dan raja rayap
- Kasta Prajurit.
- Kasta Pekerja

Mereka hidup bersama-sama dalam koloni mencari makan bersama sampai kepada ratunya yang berada di dalam tanah.

Trofalaksis Rayap
Rayap memiliki kebiasaan yang jika bertemu satu sama lain akan berciuman dan saling menggesekkan tubuhnya. Hal ini sekalian untuk mendistribusikan makanan ke semua anggota koloni rayap.

Pemberantasan rayap
Dari kebiasaan rayap tersebut (trofalaksis) maka dapat diterapkan suatu cara pengendalian rayap yaitu dengan cara pengumpanan rayap. Umpan rayap ini dipasang pada jalur aktif rayap agar umpan tersebut dimakan oleh jenis rayap pekerja dan didistribusikan ke semua anggota koloni rayap bahkan sampai kepada ratunya. Hal ini akan menghambat rayap untuk berganti kulit sehingga dan racun rayap pada umpan tersebut (hexaflumoron) akan membasmi rayap secara perlahana-lahan. Tujuannya agar satu koloni rayap tersebut dapat diberantas dengan baik.

Keampuhan cara pengumpanan rayap
Cara pengumpanan rayap ini sudah terbukti ampuh memberantas rayap jenis coptotermes karena rayap jenis coptotermes tersebut yang dapat naik ke atas bangunan /  rumah / gedung sampai ketinggian 30 lantai. Jenis rayap coptotermes ini adalah jenis rayap ganas yang banyak menyebabkan kerusakan pada rumah / gedung dll.

Makanan rayap
Rayap biasanya mencari makanan seperti selulosa kayu biasanya terdapat pada kusen kayu, pintu kayu, gypsum, parquet dll. Aktivitas rayap tersebut dapat terdengar jelas pada malam hari yang sunyi. Rayap menggerogoti kayu kemudian membawa makanan tersebut ke semua koloninya. 

Pencegahan Rayap
Naiknya rayap ke dalam rumah dapat dicegah sewaktu dalam tahap pondasi. Penyemprotan rayap / injeksi rayap adalah cara yang tepat untuk pencegahan terhadap rayap (preventif). Cairan kimia anti rayap disemprotkan ke sekeliling pondasi bangunan agar mencegah rayap naik melalui dinding pondasi.


Demikian info seputar rayap. Semoga bermanfaat.

Terima kasih.

CV Jakarta Inti Nusa
(Jasa Anti Rayap)
Phone : 021-9604.6408
Mobile : 0813.8650.1642  /  087877.172997



Pengumpanan rayap di dalam rumah

Rayap pada dasarnya adalah serangga daerah tropika dan subtropika. Namun sebarannya kini cenderung meluas ke daerah sedang (temperate ) de...