Friday, January 31, 2014

Cara Jitu Basmi Rayap Dengan Tisu

Ada makhluk tak diundang yang senang tinggal di rumah Kamu. Mereka hidup nyaman, berkembang biak dan membangun koloni. Kehadiran mereka merusak. Yang dirusak semua bagian bangunan yang terbuat dari kayu. Itulah rayap. Serangannya tergolong dahsyat. Jika dibiarkan, kayu akan keropos, tinggal kulitnya saja.

Koloni Rayap


Rayap suka hidup di tempat-tempat gelap dan lembab. Seperti gudang yang selalu tertutup, garasi mobil, dak atau loteng yang terkena bocoran air, serta tempat cucian atau washtafel. Saat musim penghujan tiba, rayap berpesta pora.

Rayap semakin merugikan jika tak segera diatasi. Serangga mirip semut ini bisa membuat konstruksi rumah dari kayu jadi keropos, kemudian kekuatannya jadi ringkih. Kalau sudah begini, biasanya kita baru sadar untuk mengatasinya.


Laron yang mengerubungi lampu di rumah pada malam hari saat musim hujan adalah cikal bakal rayap. Laron-laron itu akan bermetamorfosis menjadi rayap. Kualitas kayu yang makin menurun juga berperan membuat rayap leluasa berbiak.

Tanda-tanda
Rayap menyerang semua jenis kayu. "Yang sulit mereka gerogoti hanya kayu jati dan merbau karena ada zat mematikannya. Selain itu baunya menyengat bagi rayap," ujar E. Boyle, Ketua Asosiasi Pest Control yang juga Direktur PT Dim*ensi Indo*nusa, sebuah perusahaan jasa pembasmi rayap.

Kehadiran rayap gampang dikenali. Pertama, jika terdapat butiran halus seperti pasir berjatuhan ke lantai. Setelah dibersihkan butiran itu kembali berguguran.

Kedua, ada suara kresek-kresek di bangunan rumah yang terbuat dari kayu. 

Ketiga, ada gundukan tanah memanjang dari atas ke bawah di tembok rumah.

Cara mengatasi 
Rayap bisa diatasi dengan dua metode. Pertama, metode konvensional dengan menggunakan bahan kimia. Yaitu, dengan menyemprotkan bahan kimia antirayap pada lapisan tanah pondasi sebelum rumah dibangun, guna mencegah rayap menyusup ke dalam bangunan. Atau, dengan mengebor sisi kanan dan kiri pondasi pada bangunan yang sudah jadi dan menyemprotkan bahan kimia ke situ. Cara lain, dengan menyemprot langsung permukaan komponen kayu. Yang paling ideal, kombinasi berbagai cara itu.

Metode lain, dengan memberi umpan bahan yang disenangi rayap yang sudah dicampur bahan kimia antirayap. Umpan-umpan itu dipasang di sekeliling bangunan atau di titik yang terinfeksi rayap. Sejumlah rayap akan memakannya, untuk selanjutnya budaya 'transfer makanan' (tropolaxis) pada makhluk itu, akan menyebarkan umpan tersebut ke rayap yang lain.

Bahan kimia pembasmi rayap atau umpan rayap mudah didapat di pasaran. Sebutlah misalnya alfametrin, sipermetrin, imidaclotrin, lamdasalotrin dan venfalarat. Kalau malas melakukan sendiri, Kamu bisa menyewa perusahaan jasa pembasmi rayap. Iklannya banyak di koran-koran. Tarifnya sekitar Rp 150.000/meter persegi, sudah termasuk obat dan jasa kontrol sebulan kemudian. Bila saat dikontrol rayap masih merajalela, gratis pemasangan umpan atau penyemprotan ulang.

Ada cara praktis agar rayap tak lagi doyan memakan bahan dari kayu. Caranya dengan pengumpan sentricon. Alat ini terdiri atas pengumpan agroscience dan detektor rayap (disebut stasion). Kedua alat ini dilengkapi dengan bahan seperti tisu sebagai makanan sekaligus racun pembasmi rayap hingga ke sarangnya. Bahan ini mengandung heksaflumuron semacam enzim hormon. Khasiatnya mampu menekan metabolisme pertumbuhan rayap dan dapat berakibat kematian.

Berapa biaya pemasangan sistem pengumpan sentricon ini? Rp 160.000 per m1 (meter lari). Biaya ini termasuk harga bahan, ongkos pemasangan, dan evaluasi keberhasilan selama dua bulan. Cara pemasangan alat ini mudah. Yang penting, Anda bisa menetapkan jalur rayap atau wilayah yang potensial disinggahinya. Penasaran?

Langkah-langkah:
  1. Buka alat pengumpan Agroscience dengan bantuan obeng. Kemudian ambil nomer barcode untuk memudahkan data pemasangan dan mengontrol keberhasilan perkembangan.
  2. Tarik lembaran bahan tisu. Semprotkan air dari tabung sprayer (penyemprot) secara merata. Tisu akan menjadi lembab.
  3. Balutkan plakban hitam ke sekeliling alat pengumpan. Tempelkan alat itu pada dinding kusen plafon yang menjadi jalur rayap. Biarkan 2-3 minggu. Setelah itu cek kondisi tisu: jika habis, ganti dengan yang baru. Dalam waktu 8 minggu, rayap akan mati seluruhnya. (fn/dv/km) www.suaramedia.com






Pengumpanan rayap di dalam rumah

Rayap pada dasarnya adalah serangga daerah tropika dan subtropika. Namun sebarannya kini cenderung meluas ke daerah sedang (temperate ) de...