Friday, January 31, 2014

Dunia Rayap

Di alam bebas, rayap sangat berguna untuk membantu mengurai nutrisi tumbuhan mati menjadi tanah yang subur. Tetapi, mereka menjadi ancaman serius ketika memasuki tempat tinggal kita. Rayap adalah salah satu hama yang paling sulit untuk dikendalikan. Rayap adalah jenis serangga yang memakan selulosa dari kayu mati atau produk kayu,mereka memakan perabotan, kertas, buku dan benda kayu lainnya.

Sekalipun rumah Anda dibangun dengan bahan utama batu bata atau batu, Anda tetap akan menemukan masalah dengan rayap, dikarenakan faktor pendukung struktur dan komponen gedung lainnya terbuat dari kayu atau material yang mengandung selulosa Rayap bisa memakan kayu di dalam gedung dari bawah sampai ke atas atap. Dari waktu ke waktu, kerusakan yang disebabkan oleh rayap bisa terlihat sangat jelas. Kerusakan yang ditimbulkan rayap pada kayu menyebabkan tingginya biaya untuk perbaikan struktur bangunan.

Pengendalian rayap akan menjadi efektif jika dilakukan oleh tekhnisi yang berpengalaman dan mengerti kebiasaan makan dan kehidupan rayap, dengan sebelumnya melakukan observasi terhadap konstruksi bangunan, ciri-ciri tanah dan kondisi yang disukai rayap. Metode pengendalian rayap dapat dibagi dua, yaitu pencegahan atau perlakuan setelah terserang.

Ada tiga jenis rayap, yaitu:

a. Rayap Kayu Kering
Ditemukan di kayu kering, biasanya di struktur timber dari gedung. Jenis rayap ini tidak terlalu tergantung pada sumber air dan tidak perlu mencari makanan di dalam tanah.

b. Rayap Kayu Lembab
Memakan kayu yang sudah membusuk, misalnya kayu dari phon yang sudah jatuh.
Rayap Subterranean ( Jenis paling umum dan ancaman paling serius).
Jenis yang paling umum ditemukan di daerah ini. Rayap ini bersarang di tanah dengan kelembaban rendah.

c. Rayap Tanah
Rayap jenis ini adalah serangga sosial dan senang berkelompok dan membentuk koloni dalam jumlah sangat besar. Mereka umumnya tinggal di bawah permukaan tanah dan merusak struktur bangunan tanpa terdeteksi melalui jalan tersembunyi yang hampir tidak terlihat di fondasi dinding atau lantai.
Dalam koloni rayap jenis ini ada perbedaan kasta untuk menentukan pembagian kerja di antara rayap tersebut. Ada raja, ratu,swarmers, reproduktif, tentara dan pekerja dengan tiap kasta melakukan tugasnya dalam koloni tersebut.
Bagaimana Anda Tahu Bahwa Ada Rayap di rumah Anda

Gejala paling umum dari aktivitas rayap meliputi:
  1. Tunnel atau alur rayap – Tunnel ini terbuat dari partikel kecil tanah dan sebagian dari kayu yang sudah dicerna , dapat meluas dari tanah ke kayu, atau permukaan dan fondasi yang tampak. Rayap membuat tabung tersebut untuk melindungi diri mereka sendiri karena mereka pergi dari bawah tanah untuk memasuki rumah Anda.
  2. Swarmers – Swarmers adalah rayap jantan atau betina bersayap yang biasanya muncul saat kelembaban tinggi. Rayap bersayap ini menyukai cahaya terang dan bisa ditemukan di dekat jendela. Jejaknya bisa terlihat dari sayap yang dibuang di ambang jendela, lantai dan lain lain. Swarmers adalah indikasi pertama bahwa ada rayap di sekeliling kita.
  3. Kayu yang sudah rusak - Karena rayap memakan kayu, mereka menyelinap dari dalam kayu. Dalam beberapa kasus, infestasi rayap tidak terdeteksi selama bertahun-tahun karena mereka memakan kayu dari dalam kayu dengan membiarkan lapisan luar kayu utuh. Dengan kerusakan serius,struktur kayu akan melemah dan rusak. Sarang rayap Subterranean termite terbuat dari”karton”yang terdiri dari kayu yang sudah dikunyah, air liur dan kotoran rayap. Sarang  bisa dibuat di dalam tanah atau di atas.

Pengumpanan rayap di dalam rumah

Rayap pada dasarnya adalah serangga daerah tropika dan subtropika. Namun sebarannya kini cenderung meluas ke daerah sedang (temperate ) de...